Nony. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

GUESSING GAME


Hellooo… sambil mendengarkan lagunya Blackeyed Peas, I GOTTA FEELING, rasa-rasanya benar-benar lagi dapat good feeling.. ^^

Kali ini ini sedikit menuliskan tentang beberapa game yang bisa diterapkan dalam kelas ataupun kursus-kursus untuk anak-anak, khususnya for elementary school alias anak SD. Nah, game ini juga khususnya diterapkan dalam kelas English. Hehe soale yang nulis cuma tahu tentang English, untuk mata pelajaran lain mungkin bisa dikembangkan oleh ahlinya.

Sekarang ini sudah banyak buku-buku tentang metode-metode pengajaran inovatif, kreatif dan fun. So, tinggal datang ke toko buku, nyari bukunya pasti ketemu. Saya sendiri juga mengambil beberapa game dari buku-buku tersebut tetapi lebih suka untuk mix game atau mix method alias mencampur adukkan game dan method sesuai dengan mood.. Hehehehehe….

Allright, let’s check our game.

Guessing Game.
It’s an easy game but many students love it much. Yup, sangat mudah namun sangat disukai anak-anak. Entah kenapa, anak-anak itu dasarnya adalah suka menebak dan sangat antusias untuk menjadi pemenang (untuk masalah pemenang ini mungkin orang dewasa juga ga kalah.. Hehe). Game ini digunakan untuk mengetes kemampuan vocabulary anak-anak.

Langkah awal, pada materi-materi pokok tekankan pada vocabulary baru dan pastikan anak-anak mendapatkan artinya, entah dari guru atau dari anak-anak sendiri yang mencari di kamus.
Di akhir pelajaran atau kursus, ajak anak-anak untuk bermain. Saya jamin, ketika ada kata-kata “Main game yuk”, anak-anak langsung antusias.
Sampaikan bahwa yang bisa menjawab duluan akan pulang terlebih dahulu. Pasti mereka senyum mengembang, berikan pilihan mereka ingin menjawab bahasa Indonesia alias artinya atau bahasa Inggrisnya. Ketika sudah sepakat, tinggal jalankan permainannya.

Misalnya mereka memilih menjawab artinya, berarti guru menyebutkan new vocabulary dari materi yang baru dipelajari dalam bahasa Inggris kemudian anak-anak mengartikan. Siapa cepat dan benar bisa pulang terlebih dahulu. Begitu seterusnya sampai anak yang pulang terakhir bisa dikasih hukuman mungkin menyebutkan 5 kosa kata dalam bahasa Inggris yang dia ketahui..

My little warriors in my little course sangat-sangat terbiasa dengan game ini dan mereka selalu merajuk minta game ini selalu dimainkan. Semoga saja anak-anak lain juga punya semangat belajar yang sama..

Itu dulu sebagai awal dari mood menulis. Semoga kedepannya menjadi lebih baik dalam menumpahkan (ceileeeeeee, pake tumpah segala.. Hahaha) semua ide yang berkecamuk di otak..
^^
baibai

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar